Blog ini merupakan sebuah catatan kecil dari seorang Dhanie tentang apa aja yang saat ini lagi pengen ditulis baik itu tentang kehidupan, teknik sipil, tips & triks, Tutorial, dan sebagainya. Selamat membaca and Say no to Drug!.

19 Agustus 2008

Permodelan Struktur dalam Program SAP2000

Bagi kita yang berkecimpung dibidang teknik terutama teknik sipil pastilah tak asing dengan yang namanya program SAP2000 yang saat ini sudah rilis sampai versi 11.

SAP2000 itu sendiri merupakan program komputer keluaran CSI (Computer and Structures Inc) yang bisa digunakan untuk Analisis dan Desain Struktur, Baik itu untuk Material baja maupun beton.


Permodelan struktur sangatlah penting dilakukan sebelum digunakan untuk analisis dan desain suatu struktur.

Namun, sebelumnya kita juga harus mengerti tentang jenis-jenis struktur seperti :
1.struktur rangka batang bidang (2d) yakni plane truss
2.struktur rangka batang ruang (3d) yakni space truss
3.struktur rangka kaku bidang atau sering juga disebut portal bidang (2d) yakni plane frame
4.struktur rangka kaku ruang (3d) atau sering disebut portal ruang yakni space frame.

(plane = bidang artinya cuma 2 dimensi misalnya x dan y)
(space = ruang artinya 3 dimensi misalnya x,y dan z).

Rangka bidang dan rangka ruang adalah struktur yang elemen-elemen penyusunnya hanya menerima gaya-gaya aksial saja (tekan atau tarik) dengan kondisi sambungan antar elemen batang struktur adalah sendi (tidak bisa memikul momen). sedangkan untuk portal bidang atau ruang, elemen-elemen struktur memiliki sambungan yang kaku yang dapat memikul gaya lentur (momen).

Di dalam perencanaan seharusnya kita menentukan pilihan terlebih dahulu jenis struktur mana yang akan kita pakai sehingga kita bisa menentukan model struktur apa yang akan kita pilih jika menggunakan bantuan program SAP2000, karena pada pemilihan tersebut akan menentukan gaya-gaya dalam yang terjadi pada elemen struktur yang kita hitung. di mana jika rangka batang, faktor inersia diabaikan sedangkan jika rangka ruang, faktor inersianya diperhitungkan.

Dan juga tak kalah pentingnya, jangan lupa dukungan yang seperti apa yang nanti kita gunakan.

1.Jepit : mampu menahan Gaya Vertikal, Horizontal dan Momen
2.Sendi : Mampu menahan gaya Vertikal dan Horizontal
3.Roll : Hanya mampu menahan Gaya Vertikal

Nah.. Tentang pemodelan 2D atau 3d dalam program SAP2000 itu sendiri umumnya tergantung case-per-case, bisa geometri, kondisi tumpuan juga strategi pelaksanaannya. Jadi setiap kasus bisa berbeda. Pada prinsipnya, jika dapat dimodelkan dengan cara yang paling sederhana tetapi memberikan hasil yang tidak terlalu banyak bedanya dengan yang rumit maka itu lah pemodelan yang terbaik. agar mengurangi kemungkinan kesalahan karena ketidak telitian.

Sebagai catatan : pemodelan 3D untuk baja maupun beton nggak ada permasalahan khusus, tetapi pelaksanaan di baja rasanya nggak gampang agar perilakunya adalah 3D beneran.
Semoga Bermanfaat..

Contoh Permodelan Struktur kuda-kuda Truss Rangka Baja 2D dalam Program SAP2000

Tidak ada komentar: